Berita Faperta

KPS LUMBA Dan FAPERTA UNIKI Ikuti Road show Reformasi Pertanian Berlandaskan Al-Qur’an

MEDIAANDALAS.COM – BIREUEN. Koperasi Produsen Syariah Lumbung Bumi Aceh (KPS LUMBA) Lhokseumawe menggandeng Fakultas Sain Pertanian dan Peternakan (FAPERTA) Universitas Islam Kebangsaan Indonedia (UNIKI) Bireuen, menggelar pelatihan pembuatan jamu bumi, Sabtu (20/02/2021) di Kampus UNIKI.

Kegiatan ini terkait dengan program roadshow KPS LUMBA. di beberapa kampus dan lembaga koperasi pertanian serta masyarakat di Aceh. Roadshow kali ini mendatangkan CEO PT Bengkel Bumi Mandiri, sebagai pembina KPS Lumba, Ahmad Syawaluddin, SE.

Dalam kegiatannya di kampus UNIKI, mengambil tema pelatihan pembuatan jamu bumi. Yang sempat di ikuti sejumlah 60 lebih mahasiswa Pertanian FAPERTA UNIKI dan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Entreprenuership Mahasiswa dan Alumni UNIKI, demikian keterangan Wakil Dekan, Mizan Maulana, M.Si pada awak media.

Mizan menyambut baik atas kegiatan yang sudah dilakukan oleh pihak panitia. Ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa pertanian nantinya, sebut Mizan. Mahasiswa tidak hanya mengetahui teori saja yang di dapatkan dalam perkuliahan, akan tetapi praktek serta ikut pelatihan merupakan salah satu visi dan misi dari kampus merdeka, ungkap mizan.

Baca Artikel di : https://www.mediaandalas.com/daerah/kps-lumba-dan-faperta-uniki-ikuti-road-show-reformasi-pertanian-berlandaskan-al-quran-2/193476/

Prof. Apridar, dikukuhkan sebagai Rektor UNIKI

Dalam penjelasan pers, Apridar menyatakan, UNIKI yang menawarkan kampus Link and Match dengan moto “profesional, unggul, entrepreneurship dan Islami” sangat di tunggu kiprahnya oleh masyarakat Aceh. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang berlabelkan islam, saya yakin akan cepat dikenal masyarakat, baik dari aspek pengembangan kampusnya dan program pendidikan yang ditawarkan. Tinggal tugas berat kita ke depan, adalah meningkatkan mutu, apalagi menyongsong pembelajaran kampus merdeka dan belajar merdeka ke depan ini, jelas Apridar.

Aceh. Mantan Rektor Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Aceh, Prof. Dr. H. Apridar, SE, M.Si, resmi dikukuhkan sekaligus dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI). Acara berlangsung Sabtu (23/01/2021) di Aula Utama kampus UNIKI, jalan Medan-Banda Aceh Desa Blang Bladeh Kabupaten Bireuen. Pengukuhan ini merupakan hasil Rapat Pleno, sehari sebelumnya yang diputuskan oleh 12 anggota Senat Universitas yang juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina (Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si) dan Ketua Yayasan Kebangsaan Bireuen (Hj. Nuryani Rachman, S.Pd). ]

Apridar adalah Rektor kedua di UNIKI, menggantikan Rektor sebelumnya Dr. Marwan Hamid, M.Pd, yang sudah habis masa periodenya, dan beliau terpilih sebagai Rektor Universitas Almuslim Peusangan kabupaten Bireuen, pada akhir Tahun 2020 lalu, demikian laporan yang disampaikan Ketua Senat UNIKI, Dr. zainuddin Iba, SE., M.M.

Apridar sudah sangat akrab di kalangan UNIKI, karena telah ikut membina Program Pascasarjana S2 Magister Manajemen UNIKI, sejak tahun 2018 silam, yang juga pengajar khusus untuk mata kuliah Ekonomi Mikro-Makro. Beliau juga pernah menjabat Rektor Unimal selama dua periode, yakni sejak 15 Oktober 2010 sampai 19 Desember 2018.

Alumni program Doktor Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Unsyiah (USK) Banda Aceh, yang lahir di Kota Lhokseumawe, 13 April 1967, juga menjabat aktif di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Lhokseumawe, dan telah menerbitkan 11 buku referensi tentang ekonomi dan Manajemen. Diantaranya adalah Ekonomi Internasional (2008), Teori Ekonomi (2010), Ekonomi Kelautan (2011), Daya Saing Ekspor Ikan Tuna Indonesia (2014) dan Ekonomi Peradaban (2015).

Ketua Dewan Pembina Yayasan Kebangsaan, Dr. Amiruddin Idris, sangat mengapresiasi kehendak Senat Universitas dalam memilih dan mengukuhkan Prof Apridar. Karena saya sangat paham betul kualitas dan pengalaman beliau, sebut Amiruddin. Dibawah kepemimpinan beliau, kampus Unimal yang terletak di Kota Lhokseumawe maju pesat dan berkembang menjadi salah satu kampus favorit di Provinsi Aceh. Saya yakin, lanjut Amiruddin Idris, beliau (Prof Apridar) akan membawa UNIKI yang masih baru ini maju lebih cepat dari yang diharapkan, Insya Allah, tutup anggota DPRA Aceh ini.

Baca Artikel di :http://Harianmerdekapost.com

Mahasiswa Faperta UNIKI Lakukan Kegiatan Rutin (Field Trip) Ke Bener Meriah.

Baca Artikel di : https://harianmerdekapost.com/mahasiswa-faperta-uniki-lakukan-field-trip-ini-acaranya/

Indigofera Jadi Unggulan PHP2D UNIKI

Baca Artikel di : https://harianmerdekapost.com/indigofera-jadi-unggulan-php2d-uniki-ini-ceritanya/

Faperta UNIKI Gandeng PT Admika Jaya Adakan Pelatihan Perbanyakan Jahe Gajah

Bireuen – Himpunan Mahasiswa Ilmu Pertanian Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan (Faperta) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Blang Bladeh, Kabupaten Bireuen, Aceh, mengadakan kegiatan “Pelatihan Perbanyakan Jahe Gajah” pada Selasa, 18 November 2020 berlangsung di areal PT. Admika Jaya, Desa Seuleumbah, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen.

Acara tersebut diikuti 45 Orang mahasiswa serta dibuka oleh Dekan Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan, drh Yusrizal Akmal, M.Si., dalam sambutannya Ia mengharapkan, dengan kegiatan ini dapat memberikan ilmu kepada para mahasiswa yang materinya diberikan langsung oleh para pakar dan ahlinya.

Dengan demikian, mahasisiwa tidak hanya mendengarkan teori saja.

Dosen pembina kegiatan ibu Yusdiana S.P.,M.Si. Kegiatan ini juga merangsang masyarakat sekitar agar mau mengembangkan usaha serupa agar menjadi komoditi local unggulan daerah tersebut sehingga memiliki peningkatan nilai ekonomi bagi masyarakat.

Ketua Himpunan Muhammad Fadhil mengatakan, Kegiatan ini diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pertanian, menurutnya mahasiswa pertanian perlu mendapatkan praktek secara langsung ke pelaku usaha agar mahasiswa dapat mempelajari teknik berwirausaha. Hal itu sejalan dengan cita-cita rekan-rekan yang ingin menjadi sebagai pengusaha sukses masa depan.

Sementara pihak PT. Admika Jaya, Mizan Maulana, S.P., M.Si., berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi suatu landasan adanya Kerjasama antar UNIKI dengan pihak perusahaan dikemudian hari.

Ditambahkan Ketua Prodi Ilmu Pertanian, Hilda Pratiwi S.P., M.P., kegiatan ini juga berpotensi meningkatkan minat mahasiswa agar mau bergabung pada organisasi yang ada dikampus, dengan organisasi akan banyak kegiatan yang dapat mendukung Pendidikan, penelitian bahkan pengabdian ke masyarakat, pungkasnya.(*)

Baca Artikel di :https://www.newsofaceh.com/2020/11/faperta-uniki-gandeng-pt-admika-jaya.html

Dosen dan Mahasiswa Faperta UNIKI Adakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak

Bireuen – Sejumlah Dosen dan para Mahasiswa Fakultas Sain Pertanian dan Peternakan (FAPERTA) UNIKI mengadakan sosialisasi sekaligus pelatihan “Pembuatan konsentrat pakan dengan bahan jerami” berlangsung di desa Keude Dua, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen pada peternakan milik kelompok ternak “Jaya Sakti”, Sabtu, 14 November 2020.
 
Dekan Fakultas Sain Pertanian dan Peternakan UNIKI, drh. Yusrizal Akmal, M.Si., kepada NEWSOFACEH.COM mengatakan, kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan tersebut merupakan suatu hal wajib bagi setiap Dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang tentunya akan menunjang karir dari dosen tersebut.
 
Pj Rektor,  Drs Win Konadi,  M. Si., menambahkan,  selain sebagai penguatan pengenalan mahasiswa akan ilmu pengetahuan, hal dimaksud juga mempunyai nilai tambah tersendiri bagi mahasiswa saerta menjadi suatu daya tarik untuk minat anak-anak dalam berwirausaha.
 
Sementara Dosen pendamping kegiatan, Mustaqim M.Si dan Mustafa Kamal S.Pt., M.Si,. mengungkapkan dengan adanya kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat menunjang pendidikan lapangan bagi para mahasiswa yang langsung melakukan Praktek ke lahan ternak yang dikelola secara intensif oleh kelompok tani.
 
Ketua Himpunan peternakan Ulvatul Hasanah menyebut, Organisasi Himpunan jurusan peternakan selaku panitia kegiatan secara otomatis dapat melatih diri dalam kerjasama serta meningkatkan jiwa kepemimpinan dalam suatu organisasi. Semoga kedepannya kegiatan seperti ini banyak menginspirasi para mahasiswa lainnya dalam berorganisasi dan berkegiatan demi kemajuan pendidikan, pengabdian dan penelitian.


Banyak hal positif yang didapat dari kegiatan tersebut menurut ketua kelompok tani jaya sakti tersebut salah satunya dengan adanya pelatihan by tersebut banyak ilmu yang di dapat dalam mengatasi kesulitan pakan yang mana mereka hanya mengandalkan pakan hijauan saja. (*)

Baca Artikel di : https://www.newsofaceh.com/2020/11/dosen-dan-mahasiswa-faperta-uniki.html

Kunjungan Mahasiswa Ilmu Pertanian Pada Lahan Budidaya Bawang merah di kelompok tani Simpo Agro Lestari desa kruengsimpo, Kab Bireuen.

Senin, 9 November 2020, mahasiswa ilmu pertanian Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Melakukan kunjungan lapangan dengan program fieldtrip mata kuliah agroekosistem dan dasar dasar perlindungan tanaman dengan jumlah 17 orang. Dalam melakukan kunjungan tersebut, Kelompok petani Simpo Agro Lestari menyambut dengan hangat kedatangan mahasiswa yang bertujuan belajar dan mengamati cara budidaya bawang merah. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memahami dan merasakan langsung budidaya bawang merah dilahan.

Di UNIKI Bireuen, Menag: Sejak Dulu Pahlawan Aceh Bela Identitas Kebangsaan dan Keislaman

Bireuen (Kemenag) — Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, Provinsi Aceh.

Dalam kuliah umum di kampus yang baru berdiri April 2019 lalu itu, Menag menyampaikan tentang moderasi beragama dan membangun identitas kebangsaan dan keislaman.

Tampak hadir, Pelaksana Tugas Kakanwil Kemenag Aceh Djulaidi Kasim, Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh Saifuddin, Rektor UNIKI Marwan Hamid, dan anggota DPR RI asal Aceh.

Fachrul Razi menyampaikan, Kementerian Agama memiliki program moderasi agama. Menurutnya, moderasi beragama bukanlah memoderatkan agama, melainkan moderasi cara beragama, dalam artian tidak terlalu ekstrim dan tidak liberal.

“Agama itu memang sudah moderat hingga akhir zaman. Tapi yang dimoderatkan adalah cara kita beragama,” ujarnya di Bireuen, Sabtu (22/02).

Baca Artikel di : https://kemenag.go.id/berita/read/512822/di-uniki-bireuen–menag–sejak-dulu-pahlawan-aceh-bela-identitas-kebangsaan-dan-keislaman

Dosen Faperta UNIKI lakukan Sosialisasi Pengolahan Hasil Pangan di SMKN 1 Simpang Mamplam Bireuen

Dalam rangka implementasi Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan (Faperta) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) dengan SMK Negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen, Sejumlah dosen Faperta UNIKI melakukan kegiatan sosialisasi terhadap guru-guru SMK tersebut, Senin 31 Agustus 2020. Menurut keterangan Wakil Dekan Faperta, Mizan Maulana, S.P., M.Si, kegiatan jalinan kerja sama dengan para guru dan sivitas SMK Negeri 1 Simpang Mamplam ini sangat berarti, dalam rangka meningkatkan SDM guru-guru SMK, juga bagi dosen kami dapat berbagi pengalaman dalam banyak hal tentang pangam dan pengelolaan pangan. Apalagi saat ini kita akan mnghadapi resisi ekonomi, yang mestinya diperkuat dari aspek ketahanan pangan, agar masyarakat terus dapat terpenuhi kebutuhan pokoknya. Pada Sekolah kejuruan seperti SMK ini yang memiliki jurusan Agronomi Teknologi Hasil Pertanian, kami dapat berbagi dan sekaligus melakukan tridharma pengabdian ilmu dan keahlian, tambah Hilda Pratiwi, S.P., M.Si, Kaprodi Ilmu Pertanian Faperta. Dengan terjalinnya kerjasama yang telah dirintis kedua pihak dapat terus ditingkatkan lagi kegiatan seperti pengembangan profesional guru dalam kegiatan Pendidikan dan pelatihan. Di pihak faperta khususnya dapat meningkatkan kapasitas Fakultas dan sumber daya manusia yang ada. Adapun nota kerjasama yang telah dirintis baik Program Studi Ilmu Pertanian dan Prodi Peternakan pada SMKN 1 Simpang Mamplam ini akan terus ditingkatkan kegiatan bersama yang baik membicarakan masalah Pangan dan Pemanfaatan Hasil Pangan, juga dikembangkan hal-hal yang bersifat urgen dengan kondisi daerah dan pemanfataan potensi lokal ke depannya, sebut Hilda. .

23 Mahasiswa FAPERTA UNIKI Kunjungi KT Ternak Jaya Bersama

BIREUEN (Berita): Sebanyak 23 Orang Mahasiswa prodi Peternakan Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan (FAPERTA) UNIKI melakukan kunjungan ke usaha ke kelompok tani ternak “Jaya Bersama” bersama Dosen dan Staf FAPERTA yang berada di desa Teupin Reudep, Kecamatan Peusangan Selatan, Kabupaten Bireuen, Selasa,(28/07). Kandang ternak yang dikunjungi merupakan kandang ternak sapi pedaging yang sudah memiliki perawatan khusus. Kadang ternak ini terletak jauh dari permukiman warga, sehingga tidak mengganggu aktifitas warga setempat.Mustafa Kamal, M,Si selaku ketua prodi Peternakan mangatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan penambahan wawasan untuk para mahasiswa FAPERTA UNIKI dalam hal cara merawat ternak yang baik, pakan ternak yang tinggi akan protein, sistem usaha ternak serat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di ruangan perkuliahan.Mursal S.Pd selaku ketua kelompok ternak tersebut mengatakan, antusias mahasiswa dalam kunjungan tersebut sangat tinggi dalam hal usaha ternak. Dari 23 orang mahasiswa yang berkunjung kelokasi, hampir semua mahasiswa ingin memiliki usaha ternak dikarenakan dapat mengahsilkan uang yang lumayan besar.Kelompok tani ternak “Jaya Bersama” siap mendukung dan memberi ruang kepada mahasiswa yang ingin mencari ilmu lebih dalam dan siap menerima mahasiswa dalam kegiatan praktek lapangan,ujar Mursal (RizalJibrl)

Baca Artikel di : https://beritasore.co.id/berita-utama/23-mahasiswa-faperta-uniki-bireuen-kunjungi-kt-ternak-jaya-bersama/

Wawancara Penerimaan Calon Dosen Faperta UNIKI

Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan Univeristas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) merupakan salah satu Fakultas yang baru terbentuk di UNIKI pada tahun 2019. Sumber daya Dosen di Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan juga masih terbatas, pada tanggal 4 Juni 2020 Pembina Yayasan, Dr. H. Amiruddin Idris, SE.,M.Si di dampingin oleh Rektor UNIKI, Dr. Marwan, M.Pd serta Dekan Faperta drh. Yusrizal Akmal, M.Si mewawancarai calon dosen yang melamar di Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan UNIKI, dari 8 orang yang melamar 6 orang yang memenuhi syarat untuk menjadi dosen di Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan UNIKI.

Puluhan Mahasiswa Ikut Webinar Faperta UNIKI, Ini yang Dibahas

Puluhan mahasiswa, dosen serta kalangan lainnya, Jumat (17/07/2020) mengikuti webinar yang diselenggarakan Fakultas Sains Pertanian dan Pertenakan (Faperta) Universitas Islam Kebangsaan (UNIKI) Bireuen. Webinar perdana dengan tema mengasah bakat mahasiswa dalam.berorgasasi dan berwirausaha berlangsung melalui aplikasi zoom cloud meeting diikuti para mahasiswa, karyawan, para dosen UNIKI maupun masyarakat Bireuen dengan memanfaatkan HP atau laptop masing-masing. Wakil Rektor I Drs Win Konadi yang didampingi dekan Faperta drh Yusrizal Akmal M Si kepada Serambinews.com mengatakan, webinar tersebut turut mengundang pakar organisasi Agusni SP serta pakar wirausaha Ilham Zulfahmi S Kel M.Si. Pertemuan webinar dipandu host Mustaqim MSi dengan moderator Yudiana SP MSi yang merupakan salah seorang dosen di Faperta UNIKI, jumlah peserta yang mengikuti mencapai 50 orang lebih mulai dari mahasiswa, dosen dan kalangan lainnya.

Agusni SP dalam paparannya mengatakan, organisasi adalah kelompok kerjasama antara orang-orang yang disatukan untuk mencapai tujuan bersama. Pada dasarnya tambah Agusni ada tiga ciri khusus dari suatu organisasi yaitu adanya kelompok manusia, kerjasama yang harmonis dan kerjsama tersebut berdasarkan hak, kewajiban serta tanggungjawab masing-masing dalam rangka mencapai tujuan. Disebutkan, manfaat berorganisasi bagi mahasiswa antara lain melatih berkerjasama dalam bentuk tim kerja multi disiplin, membina sikap mandiri, percaya diri, disiplin dan bertangungjawab. Dalam berorganisasai juga melatih berkomunikasi, menyatakan pendapat di depan umum, membina dan mengembangkan minat dan bakat.

Selain itu menambah wawasan, meningkatkan rasa kepedulian dan kepekaan pada masyarakat dan lingkungan mahasiswa, membina kemampuan kritis, produktif, kreatif serta inovatif. Mahasiswa bagian dari organisasi juga diharapkan mampu berwirausaha untuk memajukan nilai ekonomi.

Pemateri lainnya Ilham Zulfahmi yang merupakan dosen biologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam paparannya antara lain mengatakan, mahasiswa sudah harus memiliki jiwa berwirausaha mulai dari usia muda. a memberikan contoh salah satu usaha yang dapat dilakukan seperti budidaya jamur tiram yang sudah sangat menjanjikan dan berbagai contoh lainnya. “Seorang pegawai, setinggi apapun pangkat yang dimiliki seseorang tetap sebagai seorang pegawai, sekecil apapun usaha yang anda punya anda adalah bosnya,’ ujarnya. Disebutkan, usaha budidaya jamur tiram juga dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa diantaranya caranya mudah, memberikan penghasilan bagi mahasiswa, membangun karakter berjiwa usahawan bagi mahasiswa. Kemudian membangun jaringan dalam bisa usaha bauk tingkat nasional maupun internasional. (*)

Baca Artikel di : https://aceh.tribunnews.com/2020/07/18/puluhan-mahasiswa-ikut-webinar-faperta-uniki-ini-yang-dibahas

Penguatan Tridharma Perguruan Tinggi Faperta UNIKI Lakukan Kerjasama Kemitraan

Keluarga besar Fakultas Sain Pertanian dan Peternakan (FAPERTA) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI), secara berturut-turut mendapat kunjungan dari Pimpinan dan Staf CV. Link  “Ruhul Hidroponik” Banda Aceh, dan Koperasi Perkebunan Suka Tani Sejahtera Bireuen, Sabtu(25/07). Di-Kampus Utama UNIKI Blang Bladeh Bireuen,kedua mitra tersebut, adalah partner kerja Faperta yang di ikat dengan Nota Keepahaman yang ditandatangani pada bulan April 2020 lalu, sebut Dekan Faperta Uniki, drh. Yusrizal Akmal, M.Si. Pertemuan lanjutan ini, membicarakan langkah aksi pelaksanaan program riil, diantaranya mendukung Tri Daharma Perguruan Tinggi, yakni program pengaaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sivitas akademik Faperta Uniki sebagai bentuk tanggang jawab institusi pendidikan kepada pemangku kepentingan., lanjut Yusrizal. Pertemuan yang berlangsung selama dua jam di  ruang auditorium conference UNIKI tersebut dihadiri oleh perwakilan mahasiswa, dosen, Pimpinan Fakultas dan Wakil Rektor I, Drs. Win Konadi, M.Si. Dalam pertemuan pertama dengan CV. Link  “Ruhul Hidroponik” dihadiri langsung oleh Direkturnya, Muhammad Fachruddin, S.P.

Beliau menyampaikan bahwa Hidroponik merupakan salah satu media budidaya pertanian yang menarik untuk dikerjakan. Hiburan menjadi suatu kebutuhan yang penting untuk mengatasi kebosanan rutinitas. Fachruddin melanjutkan, “Banyak orang yang menjadikan kegiatan bercocok tanam menjadi hiburan sekaligus hobi.  Mereka memilih kegiatan tersebut agar lebih dekat dengan alam. Bercocok tanam dapat menjadi hobi yang menghasilkan banyak sekali keuntungan dan peluang usaha, misalnya bercocok tanam sayuran yang dapat dikonsumsi sendiri atau dapat dijual, sebutnya.   Berkaitan dengan program yang diminta oleh Faperta Uniki, pada prinsipnya, kami akan coba integrasikan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang ada pada usaha kami ini.  

Baik dari aspek mendukung pengajaran atau praktikum, kegatan penelitian mahasiswa Faperta ke CV Link ataupun kegiatanpengabdian masyarakat bersama dalam memasyarakatkan hobbi bercocok tanam, dalam rangka pemanfaatan lahan kosong ataupun bisnis dalam pertanian, tutup Fachruddin.  Kasubag Akademik dan Kerjasama Faperta, Mutaqim, M.Si, dalam keterangan kepada crew, menambahkan bahwa, semua program yang akan dibicarakan dan dilakukan awal semester ganjil tahun akademik 2020 – 2021 kedepan, adalah upaya Faperta umumnya, dan program studi Sain Pertanian khususnya, untuk penguatan kelembagaan dan implementasi program Tri Dharma PT. Kami akan mencoba menginegrasikan langsung keilmua pertanian, dengan contoh praktik langsung ke lapangan, dan sekaligus melakukan penelitian, dn hasilnya dapat diabdikan kepada masyarakat, tutupnya. Dalam pertemuan kedua dengan Koperasi Perkebunan Suka Tani Sejahtera Bireuen, Dekan Faperta dapat langsng bertemua dan beramah tamah dengan Muhammad Nasir, S.Pd yang merupakan Perwakilan dari Koperasi Suka Tani Sejahtera Bireuen.   Koperasi yang berlokasi di Km 28 Kecamatan Juli Bireuen ini, bergerak juga dalam usaha tani rakyat. Seperti disampaikan oleh Muhammad Nasir, bahwa ada beberapa manfaat dari koperasi yang telah kami rintis dan jalani selama ini.  Pertama, untuk memperoleh modal usaha. Pelaku usaha di Indonesia memiliki beragam pilihan serta akses untuk mendapatkan modal bagi usahanya. Contohnya dari bank seperti BPR (Bank Perkreditan Rakyat) dan lembaga P2P Lending. 

Namun, tidak dipungkiri bahwa akses tersebut lebih mudah didapatkan melalui jalur koperasi. Apalagi dengan adanya syarat dari pihak perbankan seperti agunan, legalitas usaha dan bunga, berbeda dengan koperasi yang syaratnya tidak banyak dan tak memberatkan pelaku usaha. Kedua, lanjut Nasir, kesempatan untuk mengikuti pelatihan perkembangan usaha agar produk serta manajemen UKM tersebut meningkat kualitasnya. Koperasi menjadi prioritas lembaga perekonomian di banyak negara, termasuk Indonesia.  Maka banyak pelatihan tidak dipungut biaya yang diadakan oleh koperasi bekerja sama dengan lembaga pemerintahan. Ketiga, Menumbuhkan etos kemandirian, disiplin, pantang menyerah, semangat kerjasama untuk peningkatan finansial bagi seluruh anggota, jelas Nasir. Usai pertemuan ramaha tamah dan menandatangani berita acara program bersama, di lanjutkan dengan kunjungan langsung ke kebun yang dikelola Koperasi  Suka Tani Sejahtera Bireuen.
Lahan koperasi “Perkebunan Suka Tani Sejahtera” dengan luas 12 hektar di Km 28 Juli Kabupaten Bireuen ini merupakan lahan perkebunan sawit rakyat.  Dekan Faperta berharap, dengan adanya jalinan kerjasama kemitraan akan dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika Faperta, khususnya mahasiswa dan dosen Prodi Sain Pertanian dalam melakukan praktik langsung, ataupun kegiatan penelitian, dalam rangka penguatan proses pembelaaran. Yusrizal juga berharap, timbul motivasi belajar mahasiswa dan jiwa untuk berwirusaha seperti yang dilakukan oleh Koperasi Suka Tani Sejahtera.

Baca Artikel di : https://sotarduganews.com/penguatan-tridharma-perguruan-tinggi-faperta-uniki-lakukan-kerjasama-kemitraan/

Mahasiswa Dan Dosen Fakultas Sain Pertanian,  Lakukan Bakti Sosial Di Kecamatan Kuala

Mahasiswa dan dosen fakultas sain pertanian dan peternakan mengadakan pengabdian masyarakat dan bakti sosial,Lokasi kegiatan di gampong krueng juli barat kecamatan kuala kabupaten bireuen. Minggu, 15 Desember 2019.Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, pembukaan acara oleh Dekan Faperta bapak drh. Yusrizal Akmal, M.Si dan dosen disambut ramah oleh bapak Afkar selaku ketua pemuda gampong krueng juli barat.“Dosen beserta mahasiswa pada kegiatan  dengan tema “peduli lingkungan” mengadakan gotong royong di tiga lokasi berbeda,Lokasi pertama di tepi pantai didampingi oleh pak Agus Ramadhan S.P., M.Si pak mustaqim SPi, MSi, pak drh Haryadi MSi, dan pak Mustafa Kamal S.Pt. M.Si. untuk kegiatan gotong royong di meunasah didampingi oleh pak Mizan Maulana, SP. MSi dan drh. Yusrizal Akmal, MSi, sedangkan dipolindes yang berada di kawasan gampong krueng juli barat yang didampingi oleh bu Hilda Pratiwi SP, MP, bu Yusdiana, SP, MSi.Motivasi mahasiswa untuk menjaga lingkungan agar tetap terpelihara serta terbebas dari sampah plastik khusus nya kawasan pantai.

Diharapkan dengan kegiatan ini mampu menjalin hubungan silaturrahmi antar kampus Faperta UNIKI dengan masyarakat di sekitar kampus.,”Selain itu, kegiatan ini  bertujuan memperkenalkan Fakultas Pertanian dan Perternakan UNIKI kepada masyarakat di lingkungan kabupaten bireuen.Rektor l Drs Win Konadi, M.Si, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Drs Win Konadi, M.Si, yang sempat memantau sekitar 45 mahasiswa dan dosen Faperta tersebut, menyatakan” sebagai insan akademisi, Mahasiswa dan dosen yang juga anggota masyarakat, berkewajiban melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, dan salah satunya yakni pengabdian kepada masyarakat. hal ini tentunya harus dipandang sebagai hal positif,  yang sekaligus sebagai pelatihan dan pembiasaan pada jiwa mahasiswa, untuk membangun rasa sosial dan kemanusiaan, tutup Win konadi.

Baca Artikel di : https://www.tanahrencong.com/2019/12/dosen-dan-mahasiswa-uniki-lakukan.html

Dosen dan Mahasiswa UNIKI Lakukan Bhakti Sosial Kemasyarakatan

Mahasiswa dan dosen fakultas sain pertanian dan peternakan mengadakan pengabdian masyarakat dan bakti sosial,Lokasi kegiatan di gampong krueng juli barat kecamatan kuala kabupaten bireuen. Minggu, 15 Desember 2019. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, pembukaan acara dilakukam oleh Dekan Faperta, bapak drh. Yusrizal Akmal, MSi dan dosen disambut ramah oleh bapak Afkar selaku ketua pemuda gampong krueng juli barat. “Dosen beserta mahasiswa pada kegiatan  dengan tema “peduli lingkungan” mengadakan gotong royong pada tiga lokasi berbeda. Lokasi pertama di tepi pantai didampingi oleh Agus Ramadhan S.P., M.Si, Mustaqim SPi, MSi, pak drh Haryadi MSi, dan Mustafa Kamal S.Pt. M.Si. Untuk kegiatan gotong royong di meunasah didampingi oleh Mizan Maulana, SP. MSi dan drh. Yusrizal Akmal, MSi, sedangkan dipolindes yang berada di kawasan gampong krueng juli barat yang didampingi oleh Hilda Pratiwi SP, MP, Yusdiana, SP, MSi.

Diharapkan dengan kegiatan ini mampu menjalin hubungan silaturrahmi antar kampus Faperta UNIKI dengan masyarakat di sekitar kampus dan memotivasi mahasiswa untuk menjaga lingkungan agar tetap terpelihara serta terbebas dari sampah di kawasan pantai. “Selain itu, kegiatan ini  bertujuan memperkenalkan Fakultas Pertanian dan Perternakan UNIKI kepada masyarakat lingkup kabupaten Bireuen.  Rektor l Drs Win Konadi, M.Si, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Drs Win Konadi, M.Si, yang sempat memantau sekitar 45 mahasiswa dan dosen Faperta tersebut, menyatakan” sebagai insan akademisi, Mahasiswa dan dosen yang juga anggota masyarakat, berkewajiban melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, dan salah satunya yakni pengabdian kepada masyarakat. Hal ini tentunya harus dipandang sebagai hal positif,  yang sekaligus sebagai pelatihan dan pembiasaan pada jiwa diri mahasiswa, untuk membangun rasa sosial dan kemanusiaan, tutup Win konadi.

Baca Artikel di : https://www.lentera.co.id/news/humaniora/aplikasikan-tri-dharma-perguruan-tinggi-dosen-dan-mahasiswa-uniki-gelar-baksos/

__________________________________________________________________________________________________________________________________

RAPAT KESIAPAN KABUPATEN BIREUEN SEBAGAI PILOT PROJECT KETAHAN PANGAN AKIBAT PANDEMI CIVID-19 DI KODAM ISKANDAR MUDA

Senin, 11 Mei 2020 Menindaklanjuti Proposal yang dibawa oleh Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Maka Kodam Iskandar Muda dan Jajaran menfasilitasi dan membuat agenda Rapat kesiapan ketahanan serta menjadikan Kab. Bireuen sebagai Kab. Percontohan lumbung pangan.

Dalam rapat itu juga turut di undang Dandim 0111 Bireuen, Dandim Aceh Besar, Dinas Pertanian Aceh, Kadis Pertanian dan perkebunan Kab. Bireuen, Kadis Pertanian Aceh Besar, Gapoktan dan Poktan. Dalam rapat tersebut tim Pangan dari FAPERTA UNIKI  yang di dampingi langsung oleh drh. Yusrizal Akmal, Msi.  Selaku dekan. Bahwa porgram ini menjadikan Bireuen sebagai Pilot Project untuk kabupaten lain di Provinsi Aceh bahkan sebagai rujukan nasioanal  dalam mengantisispasi Kelangkaan Pangan di tengah wabah corona.

Tim pangan Faperta UNIKI yang diketua Mizan Maulana S.P., M.Si mempresentasikan program kegiatan untuk wilayah bireuen dengan komoditi padi.  Menurut Sekretaris pangan Uniki Mustaqim S.Pi., M.Si banyak hal yang perlu disiapkan dalam program kegiatan ini antara lain, luas lahan dan gapoktan yang ikut serta. Dan tidak lupa pula pertisipasi dari dinas juga sangat berperan untuk pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lanncar.

Dalam kesempatan itu juga pihak Kabupaten Bireuen mendapat masukan dan saran dari kabupaten Aceh Besar yang sudah terlebih dahulu melakukan kegiatan serupa, dan baru berjalan baru tahap pembajakan sawah Dan ini dibenarkan oleh dinas pertanian aceh besar.

__________________________________________________________________________________________________________________________________

UNIKI BERSILATURAHMI KE KODAM IM DAN MENGAJUKAN IDE KETAHANAN PANGAN NASIONAL AKIBAT PANDEMI COVID-19

Jumat, 8 Mei 2020 Rektor Uniki Dr. Marwan Hamid M.Pd beserta rombongan Tim Ketahanan Pangan Faperta UNIKI bergerak ke Kodam Iskandar muda untuk bersilaturahmi dan mengajukan Proposal  ketahanan pangan, Pihak Kodam IM menyambut Hangat kedatangan Tim UNIKI yang dipimpin langsung oleh Panglima Meyjen TNI Hasanuddin S.Ip ., MM diruang kerjanya. Pertemuan itu lebih ke silaturahmi dan perkenalan UNIKI serta program ketahanan pangan ke Kodam IM.

Dr. Hilmi Bakar merupakan Pembina tim Faperta UNIKI mengatakan, bahwa ketahanan pangan ini sangat penting sebagai tembok terakhir rakyat untuk bertahan dalam wabah Covid -19. Beliau juga mengatakan Covid-19 belum ada yang dapat memastikan kapan akan berakhir. Banyak teori teori yang belum memiliki dasar dalam kondisi sekarang ini.

Dekan Faperta UNIKI drh Yusrizal Akmal., M.Si menambahkan dengan kondisi wabah yang seperti ini, pihak nya melakukan banyak kajian yang dapat mempertahankan kelangsungan hidup orang banyak dan menjelaskan seberapa pentingnya ketahanan pangan itu sendiri bagi bangsa Aceh. Aceh yang merupakan Bangsa besar dengan luas wilayah yang cukup dan sangat menjamin untuk dilakukannya percepatan ketahanan pangan dalam darutat pangan dalam bencana non alam ini.

Ketua Staff Ahli Faperta, Mizan Maulana S.P., M.Si mengatakan program yang diajukan ini bersifat berkelanjutan serta diawasi, program pertama yang diajukan yaitu efesiensi lahan padi masyrakat dan program kedua yaitu pemanfaatan serta menjadikan lahan tidur lebih berproduktif. Menurutnya kendala produksi pangan di Aceh khususnya padi yaitu kurang nya stok pupuk dan benih yang mulai langka dipasaran. Adapun hal lainnya hama dan penyakit yang lamban diantisipasi yang dapat menyebabkan gagal panen, disini dibutuhkan pengawas, penyuluh atau akademisi yang dapat membantu petani dalam meningkatkan produksi nya.

Menurut Panglima Iskandar Muda Gerakan UNIKI ini harus diapresiasikan dan didukung semaksimal mungkin dan ini akan kita teruskan ke pemerintah provinsi Aceh. Keseriusan penanganan pangan harus kita persiapkan jauh jauh hari agar tidak terjadi kepanikan di tengah-tengah masyarakat.

__________________________________________________________________________________________________________________________________

SILATURAHMI UNIKI DENGAN KODIM 0111 BIREUEN MEMBAHAS MASALAH PANGAN SELAMA PANDEMI COVID-19

25 April 2020 menjadi gebrakan baru bagi Fakultas Sain Pertanian dan Perternakan (Faperta) UNIKI Bireuen, dalam mendapatkan Ide melakukan pengabdian, Fakultas yang tergolong baru ini menciptakan Ide bersama dengan Dandim 0111 Bireuen dalam hal ketahanan pangan pada masa wabah Covid-19 ini. Gagasan ini mungkin yang pertama digagas oleh Fakultas Baru. Mengingat Faperta Uniki sudah melakukan riset analisa tentang efek dan dampak Covid-19 terhadap ketahanan pangan sejak Akhir Bulan Maret 2020. Bapak Dr. Marwan Hamid, M.Pd selaku rektor siap mendorng fakultas dalam melakukan pengaddian yang terkait dengan Covid-19. Drh Yusrizal Akmal M.Si selaku Dekan Faperta UNIKI mengapresiasikan kemunculan Ide tersebut, dimana ide yang muncul dari sebuah pemikiran yang logis dan dapat menjadi peluang Faperta turun langsung membantu masyarakat dalam bentuk pengabdian.

Kegiatan Ketahanan Pangan ini memiliki respon yang baik dari pihak kodim 0111 Bireuen, dengan arahan Kodim 0111 Bireuen pihak Faperta UNIKI menciptakan bagan kegiatan dalam bentuk Proposal yang nantinya menjadi pedoman bagi kegiatan ketahanan pangan ini.

Ketua Staff Ahli Pangan Faperta UNIKI Mizan Maulana S.P.,M.Si bergerak cepat dalam merespon arahan Dandim 0111 dan Dekan Faperta UNIKI dengan membentuk Tim yang terdiri dari Sekretaris (Mustaqim S.Pi., M.Si) dan staff Analisis (Yusdiana S.P., M.Si dan Hilda Pratiwi S.P., M.P) yang langsung turun lapangan dan meyiapkan alur kegiatan yang akan dilakukan oleh Kodim 0111. Beliau Juga mengatakan “jika Covid-19 ini terus berlanjutkan, dalam 2 tahun ke depan Negara kita akan krisis pangan. Rakyat akan kelaparan tanpa ada cadangan makanan di lumbung pangan daerah” hal ini menegaskan bahwa kegiatan ini wajib didukung penuh oleh pemerintah daerah Bireuen dan Khusus nya pemerintah Aceh dalam menangani percepatan ketahanan pangan nasional.